Sabtu, 06 Agustus 2011

Analisis kaidah-kaidah tampilan website

Analisis Website Toshiba.com Berdasarkan Prinsip Desain Interface
1. Accessibility
Aspek Accessibility dalam website TOSHIBA menurut kelompok perusahaan sudah terpenuhi, karena user cukup mudah berinteraksi dengan website ini Selain itu website ini sudah menggunakan beberapa bahasa yang dapat diakses pada setiap posisi negara pada pengguna. Terdapat berbagai macam bahasa yang dapat diakses oleh pengguna.

Tampilan pilihan menu bahasa






2. Aesthetically pleasing
Dalam hal penempatan menu dalam website TOSHIBA sangat bagus dan terstruktur sehingga dapat mempermudah pengguna dalam memilih menu yang diinginkan. Menu tersusun dari kiri ke kanan berdasarkan menu yang paling sering dikunjungi oleh user.
Tampilan menu pada website Toshiba yang terstruktur


3. Availability
Menampilkan objek yang harus tampil setiap saat ketika user membuka link atau menu, sub menu ataupun informasi yang dipilih oleh user. Dalam halaman web toshiba.com terdapat objek yang selalu tampak ketika membuka halaman lain dari link web toshiba.com adalah merk TOHIBA beserta slogan yang tertera di bawah tulisan merk TOSHIBA. Dan peletakannya pun konsisten berada pada posisi kiri paling atas.

4. Clarity
Jelas secara visual, dimana dapat didefinisikan sebagai berikut :
a. Balance :
Website Toshiba ini cukup konsisten dalam tataletak elemen website. Dengan memperhatikan rata kiri-kanan dan atas-bawah sehingga website ini tampak teratur dan rapi soal desain interfacenya. Ukuran menupun juga diperhatikan agar tampak rapi. Posisi halaman website tepat berada pada centre oada tampilan di layar monitor.

b. Symmetry:
Ukuran desain antar muka dalam tampilan website toshiba sudah setara dan berulang kiri dan kanan.

c. Regularity :
Dalam website toshiba ukuran font, gambar, tataletak menu dalam website sudah teratur dan rapi. Begitu juga warna latarnya yang minimalis berwarna putih dengan font berwarna biru muda dan hitam sehingga mempermudah pengguna dalam melihat elemen-elemen yang ada dalam website tersebut.


d. Predictability
Predictability disini mengandung arti tampilan menu yang ada mudah diprediksi atau mudah tergambarkan mengenai sub menunya.
Tampilan dan juga hal-hal yang tercantum dalam menu pada website toshiba.com mudah diprediksi oleh user. Disini perusahaan dapat memprediksi tampilan dari menu Laptop Accesories & Parts yang berisi beberapa produk dan accesories bermerek toshiba yang diperlukan pengguna.

e. Sequentiality:
Tampilan website toshiba yang sudah memenuhi urutan menu ataupun sub menu yang jelas, logis, ritmik dan efisien. Urutan menu dan sub menu diurutkan berdasarkan yang paling banyak dikunjungi oleh user.

f. Economy :
Dalam tampilan website ini sangat minimalis sekali karena background website ini berwarna putih dan font yang berwarna hitam dan biru muda sehingga tampilan website tampak sederhana dan berkesan menarik. Ditambah beberapa fitur gambar yang 3 dimensi dengan warna mencolok sehingga tampak menarik dalam tampilan website tersebut.

g. Unity :
Dalam tampilan ukuran tulisan ataupun menu dalam website ini sudah cukup dengan struktur desain website. Dengan penggunaan tulisan yang diberi warna biru muda dan juga pergantian warna menu bila di klik menjadi warna hitam. Hal ini dapat mempermudah pengguna dalam mengoperasikan website tersebut.
Warna merk yang terpampang jelas dengan warna merah tebal menjadi cirri khas tersendiri dari jenis dan warna font yang lainnya, seperti jenis dan warna font pada tampilan menu utama.

h. Proportion :
Penampilan font pada tampilan website Toshiba sangat jelas, mudah dimengerti dan mudah dibaca.
Tampilan Font pada website yang jelas dibaca dan warnanya sudah terpadu dengan bacground

i. Simplicity vs complexity:
Penggunaan layar website sudah mengoptimalkan elemen layar ,minimalkan alignment points, terutama horisontal/ kolom .

j. Groupings :
Dalam tampilan website Toshiba sudah terdapat pengelompokan menu ataupun pengelompokan link-link yang diperlukan dalam menunjang website tersebut. Seperti gambar dibawah ini. Menunjukkan isi dari tiap sub menu yang telah terkelompokkan ke dalam menu-menu yang sesuai denga seb menunya,

5. Compatibility
Website ini sudah dapat dikatakan compatible, karena dapat dialankan di browser yang berbeda. Dalam hal ini, perusahaan mencoba di Mozilla Firefox dan google chrome. Di kedua web browser tersebut, didapatkan tampilan yang sama.

6. Configurability
Dari segi configurability, website ini bersifat konstan, tidak dapat dipersonalisasi oleh user.
7. Consistancy
Dari segi consistancy website ini belum dapat dikatakan consistent karena tampilan halaman tiap menu website berbeda . Contohnya tampilan halaman utama pada website berbeda dengan tampilan pada halaman consumer products berbeda dengan tampilan pada halaman laptop and netbook.


8. Directness
Website ini belum menerapkan prinsip direcness, karena di dalam website ini tidak ada layanan pembelian online atau penjualan online. Website ini hanya menjelaskan spesifikasi produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan TOSHIBA.

9. Obviousness
Website toshiba ini sudah dapat dikatakan obvious, karena user dapat dengan mudah mengetahui dan memahami apa yang akan dilakukan pada saat melihat tampilan di web ini.

10. Recovery
Menurut kelompok kami website ini tidak mempunyai fungsi recovery karena tidak ada transaksi penjualan dalam website ini.
11. Responsiveness
Prinsip responsiveness belum 100% terpenuhi oleh website ini. Hal ini dikarenakan ada beberapa tombol yang saat disentuh tidak memberikan efek sama sekali. Tetapi ada pula tombol yang memberikan efek, misalnya perubahan warna atau ada tulisan diseperusahaanr tombol yang disentuh.

12. Control
Dalam website ini terkadang ada beberapa tombol yang tidak dapat digunakan dengan baik. Sehingga user sedikit mengalami kesulitan atau kebingungan dalam berinteraksi dengan website ini. Contohnya tombol link pada judul halaman di bawah ini :

13. Efficiency
Menurut kelompok perusahaan website toshiba kurang efisien. Karena penempatan menu yang ada dimana-mana (kanan atas,kiri dan bawah) sehingga membuat pergerakan mata tidak dapat diminimalisasi dan tidak efisien.
Tampilan link atau menu yang tidak teratur pada website toshiba


14. Familiarity
Prinsip familiarity sudah diterapkan pada website ini. Penggunaan bahasa yang digunakan merupakan bahasa internasional yang mudah dipahami dan merupakan bahasa yang universal.
15. Flexibility
Tidak ada layanan untuk mengubah ke bahasa Indonesia, terkecuali layanan terjemahan dari suatu web yang memang digunakan untuk browsing dengan fitur yang ada pada web untuk browsing tersebut.
16. Forgiveness
Tidak ada fitur forgiveness untuk mengembalikan tampilan awal ketika user melakukan kesalahan pada penggunaan halaman situs.
17. Immersion
Website ini sudah mengandung prinsip immersion. Dilihat dari tampilan awal pada saat pertama kali diakses, sudah langsung menampilkan beberapa produk baru dari toshiba.
18. Operability
Website ini sudah memenuhi dalam hal operability karena tiap sub menu mempunyai operator dan desain berbeda. Sehingga dapat disimpulkan tiap halaman mempunyai operator atau server beda.

19. Perceptibility
Pengguna website toshiba dalam memilih pilihan menu sudah dapat memberikan persepsi tentang tampilan yang akan muncul dalam menu tersebut. .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar