Selasa, 31 Mei 2011

Hybrid OS




 
Blackberry adalah suatu product yang sedang buming saat-saat ini, didalam product Blackberry terdapat OS yaitu Hybrid OS.

Apa itu Hybrid OS ? sekarang kita akan membahasnya…!!!



Biasanya orang-orang yang menggunakan OS Hybrid ini di sebut “Banci Upgrade” Namun ada pendapat kualitas dari  OS  ini lebih bagus dari pada menggunakan  OS  Official.
Pengertian OS Hybrid adalah Operating System (OS) yang berasal dari campuran bermacam-macam OS.Sebenarnya OS hybrid ini muncul untuk memperbaiki kinerja Blackbbery 9530 (Strom) di jaringan GSM karena asllinya perangkat tersebut di rancang untuk bekerja di jaringan CDMA dengan GSM untuk memenuhi kebutuhan roaming, jadi ketika perangkat BB tersebut dibawa keluar negeri, maka akan menggunakan jaringan GSM atau sebaliknya, sesuai jaringan yang tersedia di negara yang dikunjunginya.
Namun sayangnya, modul GSM yang ada dalam perangkat itu tidak dapat bekerja secara maksimal ketika digunakan pada jaringan CDMA. Dengan kekurangan ini, bakaladabeberapamasalah yang seringterjadi, diantaranya; susahnya locking sinyal GPRS maupun 3G.
Pada prinsipnya yang dilakukan paratukan goprek OS hybrid iniadalahmencampurkan module dari berbagai macam OS yg memiliki keunggulan dengan module lain yg juga unggul di lain bidang, jadi modul tersebut akan saling menutupi kelemahan pada suatu perangkat Blackberry. Contohnya : ada OS “X” memiliki modul browsernya yang cepat namun freemem-nya cepat drop dan ada OS “Y” yang memiliki fungsi browsingnya lambat namun awet memorynya, nah paratukan goprek OS hybrid akan mengambil module browser OS “X” untuk dicampur ke OS “Y” sehingga dihasilkan Hybrid OS “X+Y” yang browsingnya kenceng namun freemem-nya awet.
Seiring dengan perkembangan waktu, karena dirasa metode ini cukup efektif maka Hybrid OS ini berkembang tidak hanya di BlackBerry® type 9530 namun juga BlackBerry® type lainnya.

Hybrid OS merupakan OS yang di customized oleh ahli Blackberry dengan cara shrink OS.
Wah, ada istilah baru yaitu shrink OS. Apa itu Shrink OS ?

Shrink istilah kecilin adalah cara membuang beberapa file cod yang tidak diperlukan di OS (operating system di blackberry sepertinya windows XP di PC) agar free memory nya tambah banyak.
Sepertinya customized / advance OS install, beberapa file yang tidak penting atau tidak diperlukan oleh user dapat di hapus dengan cara shrink.
Biasanya hanya dilakukan oleh advance blackberry user terutama yang menggunakan Bold 9000 yang punya low application memory.
Dengan Shrink OS, user membuang file atau app yang tidak diperlukan dari sebuah OS sebelum di load ke Handheld device.




Tri Maryani / T. Informatika / 2009470190

Tidak ada komentar:

Posting Komentar